Rabu, 18 Januari 2017

Ringkasan Materi Soal UN




RINGKASAN MATERI  UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA
 Oleh Hermanudin



1.    Gagasan utama
Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya. Biasanya terdapat pada awal atau akhir paragraf
Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya. Biasanya terdapat pada awal atau akhir paragraf
 Kisi-soal: disediakan satu/dua paragraf siswa diminta mencari gagasan utama,
 Cara mengerjakan:
Lihat kalimat pertama dan terakhir, bandingkan mana yang merupakan kalimat yang inti utama disitulah letak gagasan utama

2. Kalimat utama
Ciri kalimat utama memiliki makna yang paling umum di antara kalimat-kalimat yang terdapat pada paragraf tersebut. Letak kalimat utama biasanya terdapat pada awal atau akhir paragraf.
Kisi Soal: disediakan satu/dua paragraf siswa diminta mencari kalimat utama.
Cara mengerjakan: lihat kalimat pertama dan terakhir, bandingkan mana yang merupakan kalimat yang inti/utama

3. Persamaan isi berita
Kesamaan informasi pada teks berita didasarkan pada isi berita yang berpedoman dari adiksimba (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).
Kisi soal: disediakan dua teks berita  siswa diminta mencari kesamaan informasi  dari  dua teks tersebut,
Cara mengerjakan: baca kedua teks tersebut kemudian cari kesamaan informasi teks tersebut

4. Perbedaan penyajian dua teks berita
Perbedaan teknik penyajian informasi yang disampaikan didasarkan pada isi berita berpedoman dari adiksimba (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana)
Kisi soal: disediakan dua teks berita siswa diminta mencari perbedaan penyajian  informasi  dari  dua teks tersebut,
Cara mengerjakan: baca kedua teks tersebut kemudian cari perbedaan penyajian informasi teks tersebut dengan kata bantu tanya:
A. Apa untuk kalimat yang berupa kata benda / perbuatan contoh : kemarahan warga, kenakalan anak.
B. Dimana untuk kalimat yang menunjuk tempat.
C. Kapan untuk kalimat yang menunjuk waktu, bisa jam, hari, tanggal, tahun.
D. Siapa untuk kalimat yang menunjuk pelaku / subjek, nama orang, jabatan.
E. Mengapa untuk kalimat yang menunjuk pada keterangan sebab akibat.
F. Bagaimana untuk kalimat yang menunjuk pada proses kejadian/peristiwa.

5. Keistimewaan tokoh biografi
Biografi merupakan kisah perjalanan hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.
Keistimewaan tokoh adalah sesuatu yang istimewa dari tokoh yang membedakan dengan tokoh lain/ suatu kelebihan dari tokoh.
Kisi soal: disediakan kisah hidup seorang tokoh/biografi, siswa diminta mencari keistimewaan tokoh tersebut.
Cara mengerjakan: Baca biografi tersebut kemudian cari kelebihan/keistimewaan dari tokoh tersebut

6. Perilaku yang dapat diteladani
Suatu tindakan/perbuatan yang baik yang dilakukan oleh tokoh yang dapat dijadikan contoh teladan bagi orang lain.
Kisi Soal: disediakan kisah hidup seorang tokoh/biografi, siswa diminta mencari perilaku/ perbuatan yang dapat dijadikan teladan dari tokoh tersebut.
Cara mengerjakan: Baca biografi tersebut kemudian cari sifat-sifat/perbuatan yang baik dari tokoh tersebut yang dapat dijadikan teladan

7. Iklan
Pengumuman untuk memberitahukan sesuatu kepada orang lain/umum bisa juga dikatakan propaganda.
Kisi Soal: disediakan sebuah iklan siswa diminta mencari isi atau judul dari iklan tersebut.
Cara mengerjakan: Baca iklan kemudian pahami isinya

8. Kalimat fakta iklan
Kalimat yang menyatakan tentang sesuatu yang nyata pada iklan. Ciri-cirinya: berupa objek/kebendaan dan alamat/no. Telepon/orang yang bisa dihubungi.
Kisi Soal: disediakan sebuah iklan, siswa diminta mencari kalimat fakta dalam iklan tersebut. Cara mengerjakan: baca/dalami iklan tersebut kemudian cari yang berupa objek/ kebendaan yang ditawarkan dan alamat/no. Telepon/orang yang bisa dihubungi.

9. Kalimat opini iklan
Kalimat yang menunjukkan penilaian/pendapat terhadap kondisi suatu barang yang ditawarkan.
Kisi Soal: disediakan sebuah iklan, siswa diminta mencari kalimat opini dalam iklan tersebut. Cara mengerjakan: baca/dalami iklan tersebut kemudian cari yang berupa pendapat/penilaian tentang kondisi barang yang ditawarkan.

10. Simpulan isi paragraf
Simpulan merupakan pendapat akhir dari data yang terdapat pada isi teks bacaan.
Kisi Soal: disediakan dua paragraf, siswa diminta mencari simpulan isi paragraf tersebut.
Cara mengerjakan: baca teks yang disediakan, kemudian cermati bagian akhir dari teks. Simpulkan isinya. Pilih yang berupa pendapat yang dipadukan dengan isi paragraph.

11. Simpulan isi grafik
Pendapat akhir tentang isi grafik.
Kisi Soal: disediakan sebuah grafik siswa diminta mencari simpulan isi grafik tersebut.
Cara mengerjakan: baca dan cermati data-data pada grafik tersebut kemudian beri pendapat.

12. Pernyataan yang sesuai tabel
Penyampaian suatu kalimat pernyataan yang sesuai dengan data-data yang ada dalam tabel. Kisi Soal: disediakan sebuah tabel siswa diminta mencari pernyataan yang sesuai dengan tabel tersebut.
Cara mengerjakan: baca dan cermati data-data pada tabel tersebut kemudian cari/pilih pernyataan yang sesuai dengan tabel tersebut

13. Pertanyaan isi bagan
Kalimat pertanyaan yang jawabannya terdapat pada data bagan tersebut.
Kisi Soal: disediakan sebuah bagan siswa diminta mencari kalimat pertanyaan yang jawabannya terdapat pada bagan tersebut.
Cara mengerjakan: baca dan cermati kalimat pertanyaan pilihan pada pilihan yang tersedia. Kemudian pilih kalimat pertanyaan yang ada jawabannya pada bagan tersebut.

14. Jarak paling efektif dari sebuah denah perjalanan
Denah merupakan rute perjalanan yang dilalui dari suatu tempat ke tempat tujuan. Jarak yang paling efektif adalah rute perjalanan paling singkat yang sesuai dengan rambu-rambu perjalanan yang ada pada denah.
Kisi Soal: disediakan sebuah denah perjalanan, siswa diminta mencari jalan/rute yang   paling efektif sesuai dengan rambu-rambu yang ada.
Cara mengerjakan: cermati denah, arah mata angin, dan rambu-rambu jalan. Pilih jarak perjalanan sesuai tujuan perjalanan yang paling singkat yang sesuai dengan rambu-rambu yang ada pada denah tersebut.

15. Tema puisi
Sesuatu/isi yang disampaikan dalam puisi.
Kisi Soal: disediakan sebuah puisi, siswa diminta mencari tema dari puisi tersebut.
 Cara mengerjakan: baca dan cermati puisi yang disediakan, pahami / resapi isinya disitulah letak tema puisi tersebut.

16. Majas dalam puisi
Gaya bahasa yang digunakan untuk memperindah/menyesuaikan dengan isi/tujuan penulisan.
Kisi Soal: disediakan sebuah puisi siswa diminta mencari majas dalam puisi tersebut.
Cara mengerjakan, baca dan cermati petunjuk soal kemudian pilih kalimat yang berupa majas. Biasanya berupa kata yang mengandung makna konotasi/tidak sebenarnya.

17. Citraan puisi
Gambaran/pelukisan sesuatu yang alat ukurnya adalah indera manusia. Citraan :
A. Penglihatan : sesuatu yang ditangkap oleh indera mata/penglihatan. Benda nyata
B. Pendengaran : sesuatu yang ditangkap oleh indera telinga/pendengaran (berupa suara-suara)
C. Perasaan : sesuatu yang ditangkap oleh indera perasa/hati (sedih,gembira, pilu)
D. Penciuman : sesuatu yang ditangkap oleh indera penciuman/hidung (bau-bauan: harum bau busuk)
E. Pengecap : sesuatu yang ditangkap oleh indera pengecap/lidah (rasa sesuatu di mulut : asing, manis, pedas)
F. Peraba : sesuatu yang ditangkap oleh indera peraba/kulit (biasanya sesuatu hasil rabaan: halus, kasar).
Kisi Soal: disediakan sebuah puisi, siswa diminta mencari citraannya.
Cara mengerjakan. Baca dan pahami perintah soal. Kemudian cari citraan yang sesuai dengan petunjuk yang ada.

18. Tema cerita
Inti dari suatu cerita
Kisi Soal: disediakan sebuah cerita siswa diminta mencari tema dari cerita tersebut.
Cara mengerjakan: baca cerita dengan cermat, temukan inti dari cerita tersebut.

19. Amanat cerita
Pesan yang disampaikan penulis lewat cerita.
Kisi Soal: disediakan sebuah cerita siswa diminta mencari amanat dari cerita tersebut.
Cara mengerjakan: baca cerita dengan cermat, temukan hal-hal yang menonjol dalam cerita, baik perilaku yang baik atau pun tindakan yang tidak baik.

20. Konflik cerita
Permasalahan yang menjadi penyebab masalah dalam cerita tersebut.
Kisi Soal: disediakan sebuah cerita siswa diminta mencari konflik dari cerita tersebut.
Cara mengerjakan: baca cerita dengan cermat, temukan hal-hal yang menjadi dasar permasalahan dalam cerita.

21. Bukti watak tokoh dalam cerita
Sifat dan karakter tokoh dalam sebuah cerita.
Kisi Soal: disediakan sebuah cerita siswa diminta mencari bukti watak tokoh dari cerita tersebut. Cara mengerjakan: baca cerita dengan cermat, temukan watak-watak/sifat-sifat dari tokoh baik lewat dialog maupun lewat gambaran dari pengarang dalam cerita tersebut.

22. Perbedaan sudut pandang dua cerita
Sudut pandang adalah cara/posisi pengarang terhadap cerita tersebut.
1.    A. Orang pertama pelaku utama  : aku sebagai tokoh yang dominan dalam cerita.
       B. Orang pertama pelaku sampingan  : aku sebagai tokoh pelengkap saja dalam cerita.
2.    A. Orang ketiga serba tahu : ia, dia, nama orang sebagai pelaku, cerita sangat detail.
       B. Orang ketiga terbatas/pengamat: ia, dia, nama orang sebagai pelaku, cerita tidak detail.
Beda karakter/penyajian dari dua cerita yang dilihat/dititik beratkan pada sudut pandang.
Kisi Soal: disediakan dua buah cerita siswa diminta mencari perbedaan sudut pandang dari cerita tersebut.
Cara mengerjakan: baca cerita dengan cermat, temukan masing-masing sudut pandang dari dua cerita tersebutbandingkan.

23. Perbedaan tema dua cerita
Beda tema di antara dua cerita.
Kisi Soal: disediakan dua buah cerita siswa diminta mencari perbedaan tema dari cerita tersebut.
 Cara mengerjakan: baca cerita dengan cermat, temukan tema dari dua cerita tersebut, bandingkan.

24. Bukti latar
Tempat, waktu, dan suasana dalam cerita.
Kisi Soal: disediakan sebuah cerita siswa diminta mencari bukti latar cerita tersebut.
Cara mengerjakan: baca cerita dengan cermat, temukan latar dari cerita tersebut, biasanya terdapat nomor pada kalimat cerita, pilih nomor yang terdapat latar cerita.

25. Suasana drama
Keadaan/situasi dalam cerita drama.
Kisi Soal: disediakan sebuah naskah drama, siswa diminta mencari suasana drama tersebut. Cara mengerjakan: baca kutipan drama dengan cermat, temukan suasana/situasi dari naskah drama tersebut, perhatikan dialog, resapi isinya.

26. Kalimat dalam buku harian
Catatan peristiwa yang dialami oleh seseorang yang bersifat pribadi/rahasia.
Kisi Soal: disediakan sebuah ilustrasi, siswa diminta menuliskan dalam bentuk buku harian.
Cara mengerjakan: baca ilustrasi dengan cermat, ubah nama pelaku/penulis menjadi aku/saya, cermati dan cocokkan waktu peristiwa,serta ilustrasi kegiatan/peristiwa yang sesuai dengan pilihan yang ada.

27. Pesan singkat
Disediakan ilustrasi, siswa diminta menyusun dalam bentuk pesan singkat.
Cara mengerjakan: perhatikan dan cermati ilustrasi, bagian siapa yang mengirim, kepada siapa, dan apa yang diminta oleh pengirim. Kuncinya pada penerima pesan diminta melakukan apa.

28. Kalimat laporan
Berisikan data-data kegiatan dari awal sampai selesai.
Kisi Soal: disediakan data-data laporan yang acak, siswa menyusun laporan acak tersebut menjadi kalimat laporan yang runtut/urut/utuh.
Cara mengerjakan perhatikan masing-masing data/kalimat yang acak tadi, pilih/cari kalimat yang dapat dijadikan sebagai kalimat pertama, kedua sampai sebagai kalimat akhir.

29. Isi pengumuman
Suatu informasi/khabar yang disampaikan untuk orang lain agar tahu dan mau mengikuti sesuai tujuan pembuatan pengumuman tersebut.
Kisi Soal: disediakan ilustrasi/ data-data sebuah pengumuman kegiatan di sekolah, siswa menemukan isi dari pengumuman tersebut.
Cara mengerjakan: baca data-data/ilustrasi pengumuman, cermati, dan temukan isinya.

30. Keunggulan sebuah buku dalam resensi
Resensi merupakan penilaian terhadap keunggulan/kelebihan dan kelemahan dari sebuah buku.
Kisi Soal: disediakan data-data buku/ resensi yang dirumpangkan siswa melengkapi rumpangan tersebut sesuai dengan ilustrasi dan petunjuk soal.
Cara mengerjakan perhatikan perintah soal, kemudian perhatikan data-data yang ada, isikan data tersebut sesuai dengan isian yang diperlukan.

31. Surat pribadi
Surat yang dibuat oleh seseorang untuk orang lain yang bersifat pribadi dengan bahasa keseharian.
Kisi Soal: disediakan surat pribadi yang dirumpangkan bagian pembuka, siswa melengkapi rumpangan tersebut.
Cara mengerjakan: bagian pembuka surat pribadi berisikan kalimat tanya kabar/keadaan  dari orang yang dikirimi surat tersebut. hai, bagaimana keadaan keluargamu, baik-baik saja kan?

32. Surat dinas
Surat yang dibuat oleh instansi/badan usaha/perorangan yang ditujukan kepada instansi/badan usaha/perorangan dengan bahasa dan berisikan sesuatu yang resmi/dinas.
Kisi Soal: disediakan sebuah surat resmi yang dirumpangkan bagian penutup, siswa diminta melengkapinya.
Cara mengerjakan, lihat isi surat tersebut, untuk penutup suratnya berupa kalimat penyampaian terima kasih. Contoh. Kami sampaikan terima kasih.

33. Surat pembaca
Surat yang ditulis berisikan tentang ungkapan diri, baik berupa keluhan, kritikan, ucapan terima kasih ataupun pemberitahuan yang dikirim dan dimuat di surat kabar.
Kisi Soal: disediakan surat pribadi yang masih acak susunannya, siswa diminta menyusunya menjadi kalimat surat pembaca yang runtut/urut/utuh.
Cara mengerjakan: pilih data/kalimat yang merupakan kalimat pertama, kedua, dan seterusnya sampai kalimat akhir.

34. Rangkuman
Ringkasan dari sebuah teks.
Kisi Soal: siswa disediakan teks bacaan, siswa diminta merangkum/meringkas bacaan tersebut. Cara mengerjakan: baca teks tersebut kemudian ringkas menjadi beberapa kalimat saja.

35. Teks berita
Suatu informasi yang ditujukan untuk orang yang membutuhkan informasi yang ditulis berupa data-data peristiwa meliputi adiksimba (apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana.
Kisi Soal: disediakan data-data/ilustrasia siswa diminta untuk menuliskan berita berdasarkan data/ilustrasi.
Cara mengerjakan: perhatikan data-data/ilustrasi kemudian susun menjadi kalimat berita yang lengkap dan benar sesuai data/ilustrasi.

36. Slogan
Kalimat pendek yang memiliki makna yang dalam, biasanya merupakan kata semboyan.
Kisi Soal: disediakan ilustrasi siswa diminta menuliskan slogan berdasarkan ilustrasi tersebut.

37. Iklan baris
Iklan yang ditulis dalam bentuk pendek/singkat yang dimuat di media cetak.
Kisi Soal: disediakan iklan baris yang rumpang/tidak lengkap, siswa diminta melengkapi.
Cara mengerjakan: penulisan iklan harus lengkap singkat dan padat. Baca iklan tersebut, pahami isinya, lihat kata-kata sebelum dan sesudahnya kemudian pilih kata/singkatan yang bisa menjadi pelengkap dari iklan baris tersebut.

38. Iklan baris
Disediakan ilustrasi sebuah iklan, siswa menuliskan iklan baris berdasarkan ilustrasi yang ada. Cara mengerjakan: baca ilustrasi, kemudian tulis iklan baris tersebut. Semua data dicantumkan, kata yang bisa disingkat, disingkat berdasarkan singkatan secara umum. Dalam iklan baris harus ada produk/ benda yang ditawarkan, fasilitas/kondisi barang, dan alamat/orang yang bisa dihubungi.

39. Petunjuk melakukan sesuatu
Suatu aturan/ petunjuk untuk melakukan sesuatu sesuai dengan aturan yang benar.
Kisi Soal: disediakan petunjuk yang rumpang dua, siswa diminta mengisi/melengkapi rumpangan dua tersebut.
Cara mengerjakan: baca petunjuk tersebut secara lengkap dari kalimat awal sampai akhir. Lengkapi rumpangan dengan kalimat yang cocok/sesuai sehingga menjadi petunjuk lengkap.

40. Pidato
Memberikan informasi yang diberikan kepada seseorang melalui lisan. Sebagai persiapan biasanya ditulis dulu dalam bentuk teks.
Kisi Soal: disediakan ilustrasi acara kegiatan, siswa diminta menuliskan kalimat sapaan pidato.. Cara mengerjakan: cermati, pahami ilustrasi, dan perintah soal. Kalimat sapaan adalah kalimat untuk menyapa siapa saja yang ada dihadapan kita. Kalimat sapaan untuk orang yang memiliki jabatan saat disebutkan tanpa mengunakan kata bapak/ibu. Contoh. Kepala smp 3 sukoharjo, bapak darmadi prasojo, s.pd.

41. Pidato
Kisi Soal: disediakan ilustrasi acara kegiatan, siswa diminta menuliskan pembuka pidato.
Cara mengerjakan: cermati, pahami ilustrasi, dan perintah soal. Kalimat pembuka pidato biasanya berupa ucapan rasa syukur kepada tuhan sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan.

42. Rumusan masalah
Daftar pertanyaan yang berhubungan dengan masalah dalam karya ilmiah.
Kisi Soal: disediakan tema/latar belakang masalah siswa diminta untuk membuat rumusan masalahnya.
Cara mengerjakan: lihat tema/latar belakang. Jika disediakan tema/latar belakang pada ilustrasinya, maka tambahkan kata tanya yang sesuai, jawabannya merupakan tema/latar belakang tersebut. Biasanya berupa kata tanya bagaimanakah, apa.

43. Saran
Nasihat yang diberikan untuk perbaikan.
Kisi Soal: disediakan simpulan dari karya ilmiah, siswa diminta menuliskan saran.
Cara menjawab: cermati simpulan tersebut, perhatikan dan temukan isi penting dari simpulan. Disitulah kunci saran yang harus kamu berikan tentunya yang sesuai.

44. Daftar pustaka
Merupakan data dari sebuah buku referensi yang digunakan dalam penulisan buku/laporan karya ilmiah. Rumus untuk daftar pustaka natajukope

A. Nama  : muhammad agus salim
B. Tahun : 1997
C. Judul  : lulus dengan pensil 2 b dan duit
D. Kota : wonosobo
E. Penerbit : simpatiq express
Maka penulisan daftar pustaka yang benar sbb:
Salim muhammad agus. 1997. Lulus dengan pencil 2 b dan duit. Wonosobo: simpatiq express.
Ingat!!! Nama dua digit maka ditulis nama belakang dulu baru nama depan. Contoh agus salim maka ditulis agus salim.

45. Perbaikan kalimat efektif
Kalimat yang tidak berbelit-belit dengan penggunaan kata yang efisien dan orang lain cepat memahami makna kalimat yang disampaikan.
Kisi Soal: disajikan sebuah paragraf/satu kalimat yang tidak efektif, siswa diminta memperbaiki menjadi kalimat yang efektif.
Cara mengerjakan: baca cermati kalimat tersebut. Lihat kata/kalimat mana saja yang tidak efektif, kemudian ganti/ buang kata/ kalimat yang tidak diperlukan. Contoh. Para bapak-bapak sedang asyik menonton tv. Kata bapak-bapak sudah bermakna jamak maka tidak diperlukan lagi kata para.

46. Penulisan huruf kapital
Penggunaan huruf kapital/ besar sesuai eyd.
Kisi Soal: disediakan beberapa kalimat yang salah dalam penulisan huruf kapital/besarnya. Siswa diminta memperbaiki penulisan tersebut menjadi kalimat yang menggunakan huruf besar dengan tepat sesuai EBI.
Cara mengerjakan. Cermati kata-kata yang sesuai dengan eyd penulisan huruf besar. Contoh ayah membawa apel malang dari malang.

47. Tanda baca
Tanda-tanda suatu bacaan. Berupa tanda titik, koma, tanya, seru, petik dan sebagainya.
 Kisi Soal: disediakan kalimat yang belum ada/tanda bacanya salah, siswa diminta menganti /memberi tanda baca yang benar.
Cara mengerjaka. Lihat dan cermati kalimat, bubuhi tanda baca yang sesuai.

48. Pantun
Jenis puisi lama yang terdiri dari empat baris, dua baris sampiran dan dua baris isi, dengan persajakan abab.
Kisi Soal: disediakan pantun yang dua barisnya rumpang, siswa melengkapi menjadi pantun yang utuh.
Cara mengerjakan. Lihat persajakannya rumus abab, kata saling berkaitan antara baris satu dan dua, tiga dengan empat.

49. Puisi
Disediakan sebuah puisi yang belum lengkap. Siswa diminta melengkapi.
 Cara mengerjakan: Pilih kata yang sesuai dengan kalimat sebelum dan sesudahnya.

50. Drama
Disediakan naskah drama yang rumpang, siswa diminta melengkapi.
Cara mengerjakan: Baca dan cermati kalimat sebelum dan sesudah, pilih kalimat yang dapat menyambung kalimat sebelum dan sesudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wacana Lisan dan Tulis

WACANA LISAN DAN TULIS Oleh Hermanudin SMPN 10 Bengkulu Tengah 1.         Pendahuluan Secara umum wacana dapat dipahami sebagai...