RINGKASAN MATERI UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA
Oleh Hermanudin
Oleh Hermanudin
1. Gagasan utama
Gagasan utama atau gagasan pokok
merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama kalimat tersebut
bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya. Biasanya terdapat pada awal
atau akhir paragraf
Gagasan utama atau gagasan pokok
merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama kalimat tersebut
bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya. Biasanya terdapat pada awal
atau akhir paragraf
Kisi-soal: disediakan satu/dua paragraf siswa
diminta mencari gagasan utama,
Cara mengerjakan:
Lihat kalimat pertama dan terakhir,
bandingkan mana yang merupakan kalimat yang inti utama disitulah letak gagasan
utama
2. Kalimat utama
Ciri kalimat utama memiliki makna
yang paling umum di antara kalimat-kalimat yang terdapat pada paragraf
tersebut. Letak kalimat utama biasanya terdapat pada awal atau akhir paragraf.
Kisi Soal: disediakan satu/dua
paragraf siswa diminta mencari kalimat utama.
Cara mengerjakan: lihat kalimat
pertama dan terakhir, bandingkan mana yang merupakan kalimat yang inti/utama
3. Persamaan isi berita
Kesamaan informasi pada teks berita
didasarkan pada isi berita yang berpedoman dari adiksimba (apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, bagaimana).
Kisi soal: disediakan dua teks
berita siswa diminta mencari kesamaan
informasi dari dua teks tersebut,
Cara mengerjakan: baca kedua teks
tersebut kemudian cari kesamaan informasi teks tersebut
4. Perbedaan penyajian dua teks
berita
Perbedaan teknik penyajian
informasi yang disampaikan didasarkan pada isi berita berpedoman dari adiksimba
(apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana)
Kisi soal: disediakan dua teks
berita siswa diminta mencari perbedaan penyajian informasi
dari dua teks tersebut,
Cara mengerjakan: baca kedua teks
tersebut kemudian cari perbedaan penyajian informasi teks tersebut dengan kata
bantu tanya:
A. Apa untuk kalimat yang berupa kata benda / perbuatan contoh :
kemarahan warga, kenakalan anak.
B. Dimana untuk kalimat yang
menunjuk tempat.
C. Kapan untuk kalimat yang
menunjuk waktu, bisa jam, hari, tanggal, tahun.
D. Siapa untuk kalimat yang
menunjuk pelaku / subjek, nama orang, jabatan.
E. Mengapa untuk kalimat yang
menunjuk pada keterangan sebab akibat.
F. Bagaimana untuk kalimat yang
menunjuk pada proses kejadian/peristiwa.
5. Keistimewaan tokoh biografi
Biografi merupakan kisah perjalanan
hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.
Keistimewaan tokoh adalah sesuatu
yang istimewa dari tokoh yang membedakan dengan tokoh lain/ suatu kelebihan
dari tokoh.
Kisi soal: disediakan kisah hidup
seorang tokoh/biografi, siswa diminta mencari keistimewaan tokoh tersebut.
Cara mengerjakan: Baca biografi
tersebut kemudian cari kelebihan/keistimewaan dari tokoh tersebut
6. Perilaku yang dapat diteladani
Suatu tindakan/perbuatan yang baik
yang dilakukan oleh tokoh yang dapat dijadikan contoh teladan bagi orang lain.
Kisi Soal: disediakan kisah hidup
seorang tokoh/biografi, siswa diminta mencari perilaku/ perbuatan yang dapat
dijadikan teladan dari tokoh tersebut.
Cara mengerjakan: Baca biografi
tersebut kemudian cari sifat-sifat/perbuatan yang baik dari tokoh tersebut yang
dapat dijadikan teladan
7. Iklan
Pengumuman untuk memberitahukan
sesuatu kepada orang lain/umum bisa juga dikatakan propaganda.
Kisi Soal: disediakan sebuah iklan
siswa diminta mencari isi atau judul dari iklan tersebut.
Cara mengerjakan: Baca iklan
kemudian pahami isinya
8. Kalimat fakta iklan
Kalimat yang menyatakan tentang
sesuatu yang nyata pada iklan. Ciri-cirinya: berupa objek/kebendaan dan
alamat/no. Telepon/orang yang bisa dihubungi.
Kisi Soal: disediakan sebuah iklan,
siswa diminta mencari kalimat fakta dalam iklan tersebut. Cara mengerjakan:
baca/dalami iklan tersebut kemudian cari yang berupa objek/ kebendaan yang
ditawarkan dan alamat/no. Telepon/orang yang bisa dihubungi.
9. Kalimat opini iklan
Kalimat yang menunjukkan
penilaian/pendapat terhadap kondisi suatu barang yang ditawarkan.
Kisi Soal: disediakan sebuah iklan,
siswa diminta mencari kalimat opini dalam iklan tersebut. Cara mengerjakan:
baca/dalami iklan tersebut kemudian cari yang berupa pendapat/penilaian tentang
kondisi barang yang ditawarkan.
10. Simpulan isi paragraf
Simpulan merupakan pendapat akhir
dari data yang terdapat pada isi teks bacaan.
Kisi Soal: disediakan dua paragraf,
siswa diminta mencari simpulan isi paragraf tersebut.
Cara mengerjakan: baca teks yang
disediakan, kemudian cermati bagian akhir dari teks. Simpulkan isinya. Pilih yang
berupa pendapat yang dipadukan dengan isi paragraph.
11. Simpulan isi grafik
Pendapat akhir tentang isi grafik.
Kisi Soal: disediakan sebuah grafik
siswa diminta mencari simpulan isi grafik tersebut.
Cara mengerjakan: baca dan cermati
data-data pada grafik tersebut kemudian beri pendapat.
12. Pernyataan yang sesuai tabel
Penyampaian suatu kalimat
pernyataan yang sesuai dengan data-data yang ada dalam tabel. Kisi Soal: disediakan
sebuah tabel siswa diminta mencari pernyataan yang sesuai dengan tabel
tersebut.
Cara mengerjakan: baca dan cermati
data-data pada tabel tersebut kemudian cari/pilih pernyataan yang sesuai dengan
tabel tersebut
13. Pertanyaan isi bagan
Kalimat pertanyaan yang jawabannya
terdapat pada data bagan tersebut.
Kisi Soal: disediakan sebuah bagan
siswa diminta mencari kalimat pertanyaan yang jawabannya terdapat pada bagan
tersebut.
Cara mengerjakan: baca dan cermati
kalimat pertanyaan pilihan pada pilihan yang tersedia. Kemudian pilih kalimat
pertanyaan yang ada jawabannya pada bagan tersebut.
14. Jarak paling efektif dari
sebuah denah perjalanan
Denah merupakan rute perjalanan
yang dilalui dari suatu tempat ke tempat tujuan. Jarak yang paling efektif
adalah rute perjalanan paling singkat yang sesuai dengan rambu-rambu perjalanan
yang ada pada denah.
Kisi Soal: disediakan sebuah denah
perjalanan, siswa diminta mencari jalan/rute yang paling efektif sesuai dengan rambu-rambu
yang ada.
Cara mengerjakan: cermati denah,
arah mata angin, dan rambu-rambu jalan. Pilih jarak perjalanan sesuai tujuan
perjalanan yang paling singkat yang sesuai dengan rambu-rambu yang ada pada
denah tersebut.
15. Tema puisi
Sesuatu/isi yang disampaikan dalam
puisi.
Kisi Soal: disediakan sebuah puisi,
siswa diminta mencari tema dari puisi tersebut.
Cara mengerjakan: baca dan cermati puisi yang
disediakan, pahami / resapi isinya disitulah letak tema puisi tersebut.
16. Majas dalam puisi
Gaya bahasa yang digunakan untuk
memperindah/menyesuaikan dengan isi/tujuan penulisan.
Kisi Soal: disediakan sebuah puisi
siswa diminta mencari majas dalam puisi tersebut.
Cara mengerjakan, baca dan cermati
petunjuk soal kemudian pilih kalimat yang berupa majas. Biasanya berupa kata
yang mengandung makna konotasi/tidak sebenarnya.
17. Citraan puisi
Gambaran/pelukisan sesuatu yang
alat ukurnya adalah indera manusia. Citraan :
A. Penglihatan : sesuatu yang
ditangkap oleh indera mata/penglihatan. Benda nyata
B. Pendengaran : sesuatu yang ditangkap oleh indera telinga/pendengaran
(berupa suara-suara)
C. Perasaan : sesuatu yang
ditangkap oleh indera perasa/hati (sedih,gembira, pilu)
D. Penciuman : sesuatu yang ditangkap oleh indera
penciuman/hidung (bau-bauan: harum bau busuk)
E. Pengecap : sesuatu yang ditangkap oleh indera pengecap/lidah (rasa
sesuatu di mulut : asing, manis, pedas)
F. Peraba : sesuatu yang ditangkap oleh indera peraba/kulit (biasanya
sesuatu hasil rabaan: halus, kasar).
Kisi Soal: disediakan sebuah puisi,
siswa diminta mencari citraannya.
Cara mengerjakan. Baca dan pahami
perintah soal. Kemudian cari citraan yang sesuai dengan petunjuk yang ada.
18. Tema cerita
Inti dari suatu cerita
Kisi Soal: disediakan sebuah cerita
siswa diminta mencari tema dari cerita tersebut.
Cara mengerjakan: baca cerita
dengan cermat, temukan inti dari cerita tersebut.
19. Amanat cerita
Pesan yang disampaikan penulis
lewat cerita.
Kisi Soal: disediakan sebuah cerita
siswa diminta mencari amanat dari cerita tersebut.
Cara mengerjakan: baca cerita
dengan cermat, temukan hal-hal yang menonjol dalam cerita, baik perilaku yang
baik atau pun tindakan yang tidak baik.
20. Konflik cerita
Permasalahan yang menjadi penyebab
masalah dalam cerita tersebut.
Kisi Soal: disediakan sebuah cerita
siswa diminta mencari konflik dari cerita tersebut.
Cara mengerjakan: baca cerita
dengan cermat, temukan hal-hal yang menjadi dasar permasalahan dalam cerita.
21. Bukti watak tokoh dalam cerita
Sifat dan karakter tokoh dalam
sebuah cerita.
Kisi Soal: disediakan sebuah cerita
siswa diminta mencari bukti watak tokoh dari cerita tersebut. Cara mengerjakan:
baca cerita dengan cermat, temukan watak-watak/sifat-sifat dari tokoh baik
lewat dialog maupun lewat gambaran dari pengarang dalam cerita tersebut.
22. Perbedaan sudut pandang dua
cerita
Sudut pandang adalah cara/posisi
pengarang terhadap cerita tersebut.
1. A. Orang pertama pelaku utama : aku sebagai tokoh yang dominan dalam
cerita.
B. Orang pertama pelaku
sampingan : aku sebagai tokoh pelengkap
saja dalam cerita.
2. A. Orang ketiga serba tahu : ia, dia, nama
orang sebagai pelaku, cerita sangat detail.
B. Orang ketiga terbatas/pengamat:
ia, dia, nama orang sebagai pelaku, cerita tidak detail.
Beda karakter/penyajian dari dua
cerita yang dilihat/dititik beratkan pada sudut pandang.
Kisi Soal: disediakan dua buah
cerita siswa diminta mencari perbedaan sudut pandang dari cerita tersebut.
Cara mengerjakan: baca cerita
dengan cermat, temukan masing-masing sudut pandang dari dua cerita
tersebutbandingkan.
23. Perbedaan tema dua cerita
Beda tema di antara dua cerita.
Kisi Soal: disediakan dua buah
cerita siswa diminta mencari perbedaan tema dari cerita tersebut.
Cara mengerjakan: baca cerita dengan cermat,
temukan tema dari dua cerita tersebut, bandingkan.
24. Bukti latar
Tempat, waktu, dan suasana dalam
cerita.
Kisi Soal: disediakan sebuah cerita
siswa diminta mencari bukti latar cerita tersebut.
Cara mengerjakan: baca cerita
dengan cermat, temukan latar dari cerita tersebut, biasanya terdapat nomor pada
kalimat cerita, pilih nomor yang terdapat latar cerita.
25. Suasana drama
Keadaan/situasi dalam cerita drama.
Kisi Soal: disediakan sebuah naskah
drama, siswa diminta mencari suasana drama tersebut. Cara mengerjakan: baca
kutipan drama dengan cermat, temukan suasana/situasi dari naskah drama
tersebut, perhatikan dialog, resapi isinya.
26. Kalimat dalam buku harian
Catatan peristiwa yang dialami oleh
seseorang yang bersifat pribadi/rahasia.
Kisi Soal: disediakan sebuah
ilustrasi, siswa diminta menuliskan dalam bentuk buku harian.
Cara mengerjakan: baca ilustrasi
dengan cermat, ubah nama pelaku/penulis menjadi aku/saya, cermati dan cocokkan
waktu peristiwa,serta ilustrasi kegiatan/peristiwa yang sesuai dengan pilihan
yang ada.
27. Pesan singkat
Disediakan ilustrasi, siswa diminta
menyusun dalam bentuk pesan singkat.
Cara mengerjakan: perhatikan dan
cermati ilustrasi, bagian siapa yang mengirim, kepada siapa, dan apa yang
diminta oleh pengirim. Kuncinya pada penerima pesan diminta melakukan apa.
28. Kalimat laporan
Berisikan data-data kegiatan dari
awal sampai selesai.
Kisi Soal: disediakan data-data
laporan yang acak, siswa menyusun laporan acak tersebut menjadi kalimat laporan
yang runtut/urut/utuh.
Cara mengerjakan perhatikan
masing-masing data/kalimat yang acak tadi, pilih/cari kalimat yang dapat
dijadikan sebagai kalimat pertama, kedua sampai sebagai kalimat akhir.
29. Isi pengumuman
Suatu informasi/khabar yang
disampaikan untuk orang lain agar tahu dan mau mengikuti sesuai tujuan
pembuatan pengumuman tersebut.
Kisi Soal: disediakan ilustrasi/
data-data sebuah pengumuman kegiatan di sekolah, siswa menemukan isi dari
pengumuman tersebut.
Cara mengerjakan: baca
data-data/ilustrasi pengumuman, cermati, dan temukan isinya.
30. Keunggulan sebuah buku dalam
resensi
Resensi merupakan penilaian
terhadap keunggulan/kelebihan dan kelemahan dari sebuah buku.
Kisi Soal: disediakan data-data
buku/ resensi yang dirumpangkan siswa melengkapi rumpangan tersebut sesuai
dengan ilustrasi dan petunjuk soal.
Cara mengerjakan perhatikan
perintah soal, kemudian perhatikan data-data yang ada, isikan data tersebut
sesuai dengan isian yang diperlukan.
31. Surat pribadi
Surat yang dibuat oleh seseorang
untuk orang lain yang bersifat pribadi dengan bahasa keseharian.
Kisi Soal: disediakan surat pribadi
yang dirumpangkan bagian pembuka, siswa melengkapi rumpangan tersebut.
Cara mengerjakan: bagian pembuka
surat pribadi berisikan kalimat tanya kabar/keadaan dari orang yang dikirimi surat tersebut. hai,
bagaimana keadaan keluargamu, baik-baik saja kan?
32. Surat dinas
Surat yang dibuat oleh
instansi/badan usaha/perorangan yang ditujukan kepada instansi/badan
usaha/perorangan dengan bahasa dan berisikan sesuatu yang resmi/dinas.
Kisi Soal: disediakan sebuah surat
resmi yang dirumpangkan bagian penutup, siswa diminta melengkapinya.
Cara mengerjakan, lihat isi surat
tersebut, untuk penutup suratnya berupa kalimat penyampaian terima kasih. Contoh.
Kami sampaikan terima kasih.
33. Surat pembaca
Surat yang ditulis berisikan
tentang ungkapan diri, baik berupa keluhan, kritikan, ucapan terima kasih
ataupun pemberitahuan yang dikirim dan dimuat di surat kabar.
Kisi Soal: disediakan surat pribadi
yang masih acak susunannya, siswa diminta menyusunya menjadi kalimat surat
pembaca yang runtut/urut/utuh.
Cara mengerjakan: pilih
data/kalimat yang merupakan kalimat pertama, kedua, dan seterusnya sampai
kalimat akhir.
34. Rangkuman
Ringkasan dari sebuah teks.
Kisi Soal: siswa disediakan teks
bacaan, siswa diminta merangkum/meringkas bacaan tersebut. Cara mengerjakan:
baca teks tersebut kemudian ringkas menjadi beberapa kalimat saja.
35. Teks berita
Suatu informasi yang ditujukan
untuk orang yang membutuhkan informasi yang ditulis berupa data-data peristiwa
meliputi adiksimba (apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana.
Kisi Soal: disediakan
data-data/ilustrasia siswa diminta untuk menuliskan berita berdasarkan
data/ilustrasi.
Cara mengerjakan: perhatikan
data-data/ilustrasi kemudian susun menjadi kalimat berita yang lengkap dan
benar sesuai data/ilustrasi.
36. Slogan
Kalimat pendek yang memiliki makna
yang dalam, biasanya merupakan kata semboyan.
Kisi Soal: disediakan ilustrasi
siswa diminta menuliskan slogan berdasarkan ilustrasi tersebut.
37. Iklan baris
Iklan yang ditulis dalam bentuk
pendek/singkat yang dimuat di media cetak.
Kisi Soal: disediakan iklan baris
yang rumpang/tidak lengkap, siswa diminta melengkapi.
Cara mengerjakan: penulisan iklan
harus lengkap singkat dan padat. Baca iklan tersebut, pahami isinya, lihat
kata-kata sebelum dan sesudahnya kemudian pilih kata/singkatan yang bisa
menjadi pelengkap dari iklan baris tersebut.
38. Iklan baris
Disediakan ilustrasi sebuah iklan,
siswa menuliskan iklan baris berdasarkan ilustrasi yang ada. Cara mengerjakan:
baca ilustrasi, kemudian tulis iklan baris tersebut. Semua data dicantumkan,
kata yang bisa disingkat, disingkat berdasarkan singkatan secara umum. Dalam iklan
baris harus ada produk/ benda yang ditawarkan, fasilitas/kondisi barang, dan
alamat/orang yang bisa dihubungi.
39. Petunjuk melakukan sesuatu
Suatu aturan/ petunjuk untuk
melakukan sesuatu sesuai dengan aturan yang benar.
Kisi Soal: disediakan petunjuk yang
rumpang dua, siswa diminta mengisi/melengkapi rumpangan dua tersebut.
Cara mengerjakan: baca petunjuk
tersebut secara lengkap dari kalimat awal sampai akhir. Lengkapi rumpangan
dengan kalimat yang cocok/sesuai sehingga menjadi petunjuk lengkap.
40. Pidato
Memberikan informasi yang diberikan
kepada seseorang melalui lisan. Sebagai persiapan biasanya ditulis dulu dalam bentuk
teks.
Kisi Soal: disediakan ilustrasi
acara kegiatan, siswa diminta menuliskan kalimat sapaan pidato.. Cara mengerjakan:
cermati, pahami ilustrasi, dan perintah soal. Kalimat sapaan adalah kalimat
untuk menyapa siapa saja yang ada dihadapan kita. Kalimat sapaan untuk orang
yang memiliki jabatan saat disebutkan tanpa mengunakan kata bapak/ibu. Contoh. Kepala
smp 3 sukoharjo, bapak darmadi prasojo, s.pd.
41. Pidato
Kisi Soal: disediakan ilustrasi
acara kegiatan, siswa diminta menuliskan pembuka pidato.
Cara mengerjakan: cermati, pahami
ilustrasi, dan perintah soal. Kalimat pembuka pidato biasanya berupa ucapan
rasa syukur kepada tuhan sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan.
42. Rumusan masalah
Daftar pertanyaan yang berhubungan
dengan masalah dalam karya ilmiah.
Kisi Soal: disediakan tema/latar
belakang masalah siswa diminta untuk membuat rumusan masalahnya.
Cara mengerjakan: lihat tema/latar
belakang. Jika disediakan tema/latar belakang pada ilustrasinya, maka tambahkan
kata tanya yang sesuai, jawabannya merupakan tema/latar belakang tersebut. Biasanya
berupa kata tanya bagaimanakah, apa.
43. Saran
Nasihat yang diberikan untuk
perbaikan.
Kisi Soal: disediakan simpulan dari
karya ilmiah, siswa diminta menuliskan saran.
Cara menjawab: cermati simpulan
tersebut, perhatikan dan temukan isi penting dari simpulan. Disitulah kunci
saran yang harus kamu berikan tentunya yang sesuai.
44. Daftar pustaka
Merupakan data dari sebuah buku
referensi yang digunakan dalam penulisan buku/laporan karya ilmiah. Rumus untuk
daftar pustaka natajukope
A. Nama : muhammad agus salim
B. Tahun : 1997
C. Judul : lulus dengan pensil 2 b dan duit
D. Kota : wonosobo
E. Penerbit : simpatiq express
Maka penulisan daftar pustaka yang
benar sbb:
Salim muhammad agus. 1997. Lulus dengan
pencil 2 b dan duit. Wonosobo: simpatiq express.
Ingat!!! Nama dua digit maka
ditulis nama belakang dulu baru nama depan. Contoh agus salim maka ditulis agus
salim.
45. Perbaikan kalimat efektif
Kalimat yang tidak berbelit-belit
dengan penggunaan kata yang efisien dan orang lain cepat memahami makna kalimat
yang disampaikan.
Kisi Soal: disajikan sebuah
paragraf/satu kalimat yang tidak efektif, siswa diminta memperbaiki menjadi
kalimat yang efektif.
Cara mengerjakan: baca cermati
kalimat tersebut. Lihat kata/kalimat mana saja yang tidak efektif, kemudian
ganti/ buang kata/ kalimat yang tidak diperlukan. Contoh. Para bapak-bapak
sedang asyik menonton tv. Kata bapak-bapak sudah bermakna jamak maka tidak
diperlukan lagi kata para.
46. Penulisan huruf kapital
Penggunaan huruf kapital/ besar
sesuai eyd.
Kisi Soal: disediakan beberapa
kalimat yang salah dalam penulisan huruf kapital/besarnya. Siswa diminta
memperbaiki penulisan tersebut menjadi kalimat yang menggunakan huruf besar
dengan tepat sesuai EBI.
Cara mengerjakan. Cermati kata-kata
yang sesuai dengan eyd penulisan huruf besar. Contoh ayah membawa apel malang
dari malang.
47. Tanda baca
Tanda-tanda suatu bacaan. Berupa tanda
titik, koma, tanya, seru, petik dan sebagainya.
Kisi Soal: disediakan kalimat yang belum
ada/tanda bacanya salah, siswa diminta menganti /memberi tanda baca yang benar.
Cara mengerjaka. Lihat dan cermati
kalimat, bubuhi tanda baca yang sesuai.
48. Pantun
Jenis puisi lama yang terdiri dari
empat baris, dua baris sampiran dan dua baris isi, dengan persajakan abab.
Kisi Soal: disediakan pantun yang
dua barisnya rumpang, siswa melengkapi menjadi pantun yang utuh.
Cara mengerjakan. Lihat persajakannya
rumus abab, kata saling berkaitan antara baris satu dan dua, tiga dengan empat.
49. Puisi
Disediakan sebuah puisi yang belum
lengkap. Siswa diminta melengkapi.
Cara mengerjakan: Pilih kata yang sesuai
dengan kalimat sebelum dan sesudahnya.
50. Drama
Disediakan naskah drama yang
rumpang, siswa diminta melengkapi.
Cara mengerjakan: Baca dan cermati
kalimat sebelum dan sesudah, pilih kalimat yang dapat menyambung kalimat
sebelum dan sesudah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar