RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN 10 Bengkulu Tengah
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester : IX/I
Materi Pokok :
Struktur Cerpen
Alokasi Waktu : 13 JP (5 kali pertemuan
)
A.
Kompetensi Inti
KI-1 :Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 :Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleran,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara
efektifdengan lingkungan sosial
dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 :Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 : Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menelaah
struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar.
|
3.6.1 Menelaah struktur teks cerpen
3.6.1 Menelaah ciri-ciri kebahasaan teks
narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas.
|
4.6 Mengungkapkan
pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur
kebahasaan.
|
4.6.1 Menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan
pengalaman atau gagasan karya sastra (cerpen)
4.6.2 Menyusun cerita pendek berdasarkan
kerangka dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan I:
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.
Menelaah struktur
teks cerpen
Pertemuan II:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan
tanya jawab peserta didik dapat:
1.
Menelaah ciri-ciri kebahasaan teks narasi/cerita:
kata/kalimat deskriptif, dan kata ekspresif
Pertemuan III:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok
peserta didik dapat:
1.
Memahami majas dan kalimat yang bermajas
Pertemuan IV:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok
peserta didik dapat:
1.
Menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan
pengalaman atau gagasan karya sastra (cerpen).
Pertemuan V:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok
peserta didik dapat:
1. Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan
memperhatikan struktur teks dan kebahasaan
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
a.
Struktur teks cerpen
b.
ciri-ciri kebahasaan teks narasi/cerita:
kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas
c.
Kerangka cerita pendek berdasarkan
pengalaman atau gagasan karya sastra (cerpen)
d.
Model cerita pendek berdasarkan kerangka
dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan
2.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
a.
Struktur teks cerpen
3.
Materi
Pembelajaran Remedial
a.
Ciri-ciri teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata
ekspresif, majas
b.
Model teks cerpen
E.
Metode
Pembelajaran
Pertemuan 1 : Model
Problem Based Learning
Pertemuan 2 : Model
Discovery Learning
Pertemuan 3 : Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Pertemuan 4 : Model
Pembelajaran Kooperatif
F.
Media dan Bahan
1.
Media : Media
audiovisual yang berkaitan dengan cerpen
2.
Bahan : Model teks cerpen
G.
Sumber Belajar
Sumber Belajar :
Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan
kelas/sekolah, majalah dan
internet
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
(Pertama) (3
Jam Pelajaran/120
menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta Didik melakukan do’a sebelum belajar
(meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.
Guru mengecek
kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan
perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.
Peserta Didik menerima informasi tentang
pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan
dengan materi sebelumnya.
4.
Peserta didik
menerima informasi tentang kompetensi, ruang
lingkup materi, tujuan,
manfaat, langkah pembelajaran,metode penilaian yang akan dilaksanakan
yang ditayangkan
5.
Guru bertanya
mencari informasi tentang struktur teks cerpen
6.
Guru mengaitkan laporan percobaan yang
diajarkan dengan kehidupan nyata
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah 1.
Klarifikasi Masalah
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa
kelompok yang terdiri 4-5 orang
2.
Peserta didik
dalam memperhatikan dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang
terkait dengan permasalahan struktur teks cerpen
3.
Peserta didik
dalam kelompok mengamati tayangan audiovisual
misalkan tentang masalah-masalah yang melibatkan struktur teks cerpen
4.
Guru
membagikan LK dan peserta didik membaca petunjuk, mengamati
LK (LK berisi
tentang permasalahan yang
berhubungan dengan struktur teks cerpen
5.
Guru
memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan
permasalahan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam
LK serta guru
mempersilahkan peserta didik dalam kelompok lain untuk memberikan tanggapan,
bila diperlukan guru memberikan bantuan komentar secara
klasikal
Langkah 2. Brainstorming
6.
Peserta didik
melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk yang ada
dalam LK (misalkan: dalam LK berisikan permasalahan dan langkah-langkah
pemecahan serta meminta peserta didik dalam kelompok untuk bekerja sama untuk
menyelesaikan masalah berkaitan dengan struktur teks
cerpen
7.
Peserta didik
dalam kelompok melakukan brainstorming dengan cara sharing
information, dan klarifikasi informasi tentang permasalahan yang terdapat dalam struktur teks cerpen
Langkah 3. Pengumpulan
Informasi dan Data
8.
Peserta didik
masing-masing kelompok dalam kelompok juga membahas dan berdiskusi tentang
permasalahan berdasarkan petunjuk LK untuk:
9.
Menentukan struktur teks cerpen
10.
Mengidentifikasi
struktur teks cerpen
11.
Menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang melibatkan struktur
teks cerpen
12.
Peserta didik
melakukan eksplorasi seperti dalam poin 6, dimana mereka juga diharapkan
mengaitkan dengan kehidupan nyata
13.
Guru
berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok dan menemukan berbagai
kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk
mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
14.
Guru
memberikan bantuan kepada peserta didik dalam
kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
15.
Guru
mengarahkan peserta didik dalam kelompok untuk menyelesaikan permasahan
dengan cermat dan teliti
Langkah 4. Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan
Solusi Penyelesaian Masalah
16.
Guru meminta
peserta didik untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua
kemungkinan pemecahan masalah terkait masalah yang diberikan
17.
Peserta didik
dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan,
merumuskan, dan menyimpulkan tentang struktur
teks cerpen
18.
Peserta didik
dalam kelompok menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang
diberikan terkait menelaah struktur teks cerpen
Langkah 5.
Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah
19.
Beberapa
perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai
dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan permasahan kehidupan
sehari-hari berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan
20.
Peserta didik
yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil
presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
Langkah 6.
Refleksi
21.
Peserta didik
melakukan refleksi, resume
dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru
dari materi yang yang telah dipelajari terkait menyusun kerangka teks cerpen
22.
Guru
memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik
|
90 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam
menyelesaikan masalah struktur
teks cerpen
2.
Melaksanakan postes
terkait struktur teks cerpen
3.
Peserta didik
mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
4.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah dipelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
5.
Guru
memberikan tugas
|
20 menit
|
Penugasan:
1.
Apa yang dimaksud dengan
struktur teks cerpen?
2.
Sebutkan struktur dalam
teks cerpen!
3.
Apa yang dimaksud dengan
abstrak dan orientasi?
4.
Jelaskan pengertian dari
komplikasi, evaluasi, dan koda!
5.
Identifikasilah struktur
teks cerpen di atas!
|
Pertemuan 2
(Kedua) (2
Jam Pelajaran/80
menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik
melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin
do’a)
2.
Guru mengecek
kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan
perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.
Guru
mengaitkan materi ciri-ciri
kebahasaan teks narasi/cerita: kata/kalimat deskriptif, dan kata ekspresif
4.
Peserta didik
menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi
yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
5.
Peserta didik
menerima informasi tentang kompetensi, ruang
lingkup materi, tujuan,
manfaat, langkah pembelajaran,
metode penilaian yang akan dilaksanakan
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah 1.
Merumuskan Pertanyaan
1.
Guru bertanya
mencari informasi tentang ciri-ciri kebahasaan teks narasi/cerita: kata/kalimat deskriptif, dan
kata ekspresif
2.
Guru meminta
peserta didik untuk
membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang
secara tertib
3.
Guru memberikan
lembar kerja (LK yang berisi petunjuk
untuk menemukan dan
membuktikan ciri-ciri kebahasaan teks narasi/cerita:
kata/kalimat deskriptif, dan kata ekspresif yang dibagikan kepada
masing-masing kelompok
4.
Guru
membimbing dan memberikan pertanyaan bagaimana cara
menemukan dan membuktikan ciri-ciri kebahasaan teks
narasi/cerita: kata/kalimat deskriptif, dan kata ekspresif dengan LK
dan bahan yang telah diberikan sekaligus
memotivasi/mendorong peserta didik untuk menemukannya
Langkah 2.
Merencanakan
5.
Guru
memberikan informasi terkait langkah-langkah pengumpulan dan menganalisis
data terkait ciri-ciri kebahasaan teks narasi/cerita:
kata/kalimat deskriptif, dan kata ekspresif
6.
Peserta didik
melakukan mengidentifikasi dan menganalisis LK dan bahan yang diberikan dalam
kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK
Langkah 3.
Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data
7.
Peserta didik
dalam kelompok menggunakan bahan yang tersedia, misalkan melakukan pembuktian
sesuai intruksi yang ada dalam LK dengan mensimulasikan ciri-ciri
kebahasaan teks narasi/cerita: kata/kalimat deskriptif, dan kata ekspresif
8.
Guru
mengajukan pertanyaan terkait dengan pembuktian pertama dan mengarahkan serta
memotivasi peserta didik untuk membuktikan kembali dengan alat/bahan model
lain yang berbeda
9.
Peserta didik
dalam kelompok melakukan pengujian kembali dan mengolah data kembali dengan
langkah yang sama dengan menggunakan model peraga lain untuk membuktikan
tentang ciri-ciri kebahasaan teks narasi/cerita: kata/kalimat deskriptif,
dan kata ekspresif (Analisis Data)
10.
Setelah diskusi
selesai, beberapa perwakilan kelompok menyajikan
secara tertulis dan
lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau
didiskusikan
Langkah 4.
Aplikasi dan Tindak Lanjut
11.
Peserta didik
memeriksa secara cermat
untuk membuktikan benar atau
tidaknya tentang pembuktian penemuan
tentang ciri-ciri kebahasaan teks narasi/cerita:
kata/kalimat deskriptif, dan kata ekspresif
dengan hasil data yang telah diolah.
12.
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk
menemukan konsep, teori,
aturan melalui contoh-contoh dalam
kehidupan sehari-hari. Berdasarkan
hasil percobaan, pengolahan dan analisis data, peserta didik
dapat mengecek hipotesis yang diajukan
apakah terbukti atau tidak.
13.
Perwakilan
beberapa kelompok mempresentasikan
dengan membuat kesimpulan dari hasil
penemuan dalam hasil
pembuktian tentang ciri-ciri kebahasaan teks narasi/cerita:
kata/kalimat deskriptif, dan kata ekspresif
14.
Guru dan
peserta didik memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik
menyimpulkan materi yang
telah dipelajari dengan merespon
pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2.
Peserta didik
merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi.
3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan
4.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai
pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah bahasa Indonesia yang
berkaitan dengan ciri-ciri kebahasaan teks
narasi/cerita: kata/kalimat deskriptif, dan kata ekspresif
5.
Melaksanakan postes
terkait tentang ciri-ciri kebahasaan teks narasi/cerita: kata/kalimat deskriptif, dan
kata ekspresif
6.
Peserta didik
mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah dipelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
8.
Guru
memberikan tugas
|
10 menit
|
Penugasan:
1.
Apa yang dimaksud dengan
kata/kalimat deskriptif?
2.
Apa yang dimaksud dengan
kata ekspresif?
3.
Buatlah contoh paragraf yang
mengandung kata/kalimat deskrif!
4.
Buatlah contoh paragraf
yang mengandung kata ekspresif!
5.
Tulislah kata/kalimat
deskriptif dan kata ekspresif dari cerpen di atas!
|
Pertemuan 3
(Ketiga) (3
Jam Pelajaran/120
menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik
melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin
do’a)
2.
Guru mengecek
kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan
perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.
Peserta didik
menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi
yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah 1.
Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa
1.
Peserta didik
menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat,
langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
2.
Guru bertanya
mencari informasi tentang majas dan
kalimat bermajas dalam cerpen, dan peserta didik menjawab
3.
Guru
mengaitkan materi tentang majas dan
kalimat bermajas dalam cerpen yang
diajarkan dengan kehidupan nyata
Langkah 2.
Menyajikan Informasi
4.
Peserta didik
diminta guru untuk mengamati tayangan gambar/video misalkan tentang petunjuk
yang harus dilakukan berkaitan masalah yang diberikan dalam LK
Langkah 3.
Mengorganisasikan Siswa ke dalam Kelompok-kelompok Belajar
5.
Guru meminta
peserta didik untuk membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari
4-5 orang secara tertib
6.
Guru
memberikan media dan Lembar Kerja (LK yang berisikan tentang permasalahan:
a.
majas dan kalimat bermajas dalam cerpen
7.
Peserta didik
membaca petunjuk dan mengamati LK yang diberikan oleh guru
8.
Tiap peserta
dalam kelompok asal mengamati LK materi yang berbeda yaitu:
a.
majas dan kalimat bermajas dalam cerpen
9.
Tiap peserta
dari berbagai kelompok yang mempunyai permasalahan materi yang sama membentuk
kelompok baru (kelompok ahli) dan mempelajari
dan memahami masalah
secara bersama
10.
Guru
memberikan motivasi peserta didik dalam kelompok ahli
untuk memberikan pertanyaan terkait masalah yang mereka
diskusikan
11.
Peserta didik
dalam kelompok ahli saling bertanya dan menjawab berdasarkan asumsi mereka.
12.
Peserta didik
dalam kelompok ahli melakukan diskusi pembahasan berdasarkan permasalahan yang sama, meliputi materi:
a.
majas dan kalimat bermajas dalam cerpen
13.
Peserta didik
dalam kelompok ahli menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik
dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
Langkah 4.
Membimbing Kelompok Bekerja dan Belajar
14.
Guru
memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok ahli untuk
masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
15.
Guru
mengarahkan peserta didik dalam kelompok ahli
untuk menghimpun materi
yang sudah dipelajari dan
cermat dalam pemecahan masalah yang diberikan
16.
Setelah
diskusi dari kelompok ahli selesai, peserta didik anggota
kelompok ahli kembali
kepada kelompok asal dan
dalam kelompok tersebut secara bergantian
menjelaskan tentang sub
bab yang telah mereka pelajari dalam kelompok ahli, dimana anggota
yang lain memperhatikan dan mengeksplor penjelasan dari teman
mereka yang sedang menjelaskan.
17.
Peserta didik
dalam kelompok ahli setelah melakukan pemahaman
maupun dari hasil eksplorasi maka
dalam diskusi kelompok
asal, tiap peserta didik mampu:
a.
majas dan kalimat bermajas dalam cerpen
18.
Peserta didik
dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat
mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang materi tersebut.
Langkah 5.
Melakukan Evaluasi
19.
Beberapa
perwakilan kelompok asal menyajikan secara tertulis dan lisan hasil
pembelajaran atau apa yang telah dipelajari dalam diskusi
20.
Peserta didik
yang lain dan guru memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab
untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi
ataupun tanggapan lainnya.
Langkah 6.
Memberikan Penghargaan
21.
Guru
memberikan apresiasi dan meminta peserta didik pada kelompok yang lain untuk
memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah presentasi
22.
Peserta didik
melakukan resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan
dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya dari
hasil pembelajaran yang
telah dilakukan.
|
90 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari
dengan merespon pertanyaan
guru yang sifatnya menuntun dan
menggali
2.
Peserta didik
merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi.
3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan
4.
Guru
memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan
masalah bahasa Indonesia yang
berkaitan dengan majas dan kalimat bermajas dalam cerpen
5.
Melaksanakan postes
terkait majas dan kalimat bermajas dalam cerpen.
Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
6.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah di pelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
7.
Guru
memberikan tugas
|
20 menit
|
Penugasan:
1. Jelaskan pengertian
dari majas!
2. Apa yang
dimaksud dengan majas personifikasi, asosiasi, metonimia, dan alegori?
3. Jelaskan
pengertian dari majas litotes, hiperbola, paradoks, antithesis dan ironi!
4. Jelaskan
pengertian dari majas eufimisme!
5. Tulislah
kalimat-kalimat yang bermajas dalam cerpen di atas!
|
Pertemuan 4
(Keempat) (2
Jam Pelajaran/80
menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik
melakukan do’a sebelum belajar
(meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.
Guru mengecek
kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan
perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah 1.
Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa
1.
Peserta didik
menerima informasi tentang
pembelajaran yang akan
dilaksanakan dengan materi yang
memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
2.
Peserta didik
menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat,
langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
3.
Guru bertanya
mencari informasi tentang menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan
karya sastra (cerpen) dan peserta
didik menjawab
4.
Guru
mengaitkan materi laporan hasil pengamatan dengan kehidupan nyata
Langkah 2.
Menyajikan Informasi
5.
Guru meminta
semua peserta didik yang ada dalam kelompok untuk memperhatikan tampilan
keseharian yang berkaitan dengan menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan
karya sastra (cerpen) melalui
tayangan infokus/video
Langkah 3. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
belajar
6.
Guru meminta
peserta didik untuk membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari
4-5 orang secara tertib
7.
Guru
memberikan lembar kerja (LK) yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
8.
Guru
membimbing kelompok diskusi dalam mengerjakan LK yang telah diberikan
9.
Peserta didik
melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada
dalam LK
10.
Peserta didik
masing-masing kelompok dalam kelompok untuk membahas dan berdiskusi
berdasarkan petunjuk LK tentang:
a.
menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan
karya sastra (cerpen)
Langkah 4.
Membimbing Kelompok bekerja dan belajar
11.
Guru
berkeliling melakukan bimbingan kepada kelompok yang mengalami kesulitan dan
memberikan arahan untuk mengerjakan LK dengan media yang telah disediakan
Langkah 5.
Melakukan Evaluasi
12.
Setelah
diskusi selesai, beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan
lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan
Langkah 6.
Memberikan Penghargaan
13.
Guru
memberikan penghargaan dengan memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang
sudah tampil mempresentasikan hasil diskusinya
14.
Guru dan
peserta didik memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab
untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi
ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari
dengan merespon pertanyaan
guru yang sifatnya menuntun dan
menggali
2.
Peserta didik
merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi.
3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan
4.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai
pelatihan keterampilan dalam
menyelesaikan masalah bahasa Indonesia
yang berkaitan dengan menyusun
kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan karya sastra
(cerpen)
5.
Melaksanakan
postes terkait menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan
pengalaman atau gagasan karya sastra (cerpen)
6.
Peserta didik
mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah di pelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
8.
Guru
memberikan tugas
|
10 menit
|
Penugasan:
1.
Buatlah
satu tema cerpen berdasarkan pengalaman atau gagasanmu!
2.
Buatlah 7
kalimat sebagai kerangka dari cerpenmu berdasarkan pengalaman atau gagasanmu!
|
Pertemuan 5 (Keempat) (3 Jam
Pelajaran/120
menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik
melakukan do’a sebelum belajar
(meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.
Guru mengecek
kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan
perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah 1.
Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa
1.
Peserta didik
menerima informasi tentang pembelajaran yang
akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan
dengan materi sebelumnya.
2.
Peserta didik
menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat,
langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
3.
Guru bertanya
mencari informasi tentang menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan
struktur teks dan kebahasaan dan peserta
didik menjawab
4.
Guru
mengaitkan materi laporan hasil pengamatan dengan kehidupan nyata
Langkah 2. Menyajikan
Informasi
5.
Guru meminta
semua peserta didik yang ada dalam kelompok untuk memperhatikan tampilan
keseharian yang berkaitan dengan menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan
struktur teks dan kebahasaan melalui
tayangan infokus/video
Langkah 3. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
belajar
6.
Guru meminta
peserta didik untuk membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari
4-5 orang secara tertib
7.
Guru
memberikan lembar kerja (LK) yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
8.
Guru
membimbing kelompok diskusi dalam mengerjakan LK yang telah diberikan
9.
Peserta didik
melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada
dalam LK
10.
Peserta didik
masing-masing kelompok dalam kelompok untuk membahas dan berdiskusi
berdasarkan petunjuk LK tentang:
b.
menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan
struktur teks dan kebahasaan
Langkah 4.
Membimbing Kelompok bekerja dan belajar
11.
Guru
berkeliling melakukan bimbingan kepada kelompok yang mengalami kesulitan dan
memberikan arahan untuk mengerjakan LK dengan media yang telah disediakan
Langkah 5.
Melakukan Evaluasi
12.
Setelah
diskusi selesai, beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan
lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan
Langkah 6.
Memberikan Penghargaan
13.
Guru
memberikan penghargaan dengan memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang
sudah tampil mempresentasikan hasil diskusinya
14.
Guru dan
peserta didik memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab
untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi
ataupun tanggapan lainnya.
|
90 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari
dengan merespon pertanyaan
guru yang sifatnya menuntun dan
menggali
2.
Peserta didik
merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi.
3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan
4.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai
pelatihan keterampilan dalam
menyelesaikan masalah bahasa Indonesia
yang berkaitan dengan menyusun
cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks dan
kebahasaan
5.
Melaksanakan
postes terkait menyusun cerita pendek berdasarkan
kerangka dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan)
6.
Peserta didik
mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah di pelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
8.
Guru
memberikan tugas
|
20 menit
|
Penugasan:
1.
Buatlah 7
kalimat sebagai kerangka dari cerpenmu berdasarkan pengalaman!
2.
Kembangkanlah
kerangka cerpen tersebut menjadi sebuah cerpen dengan memperhatikan struktur
teks dan kebahasaa!
|
I.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a. Sikap
spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian
untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment
for and
of learning)
|
b. Sikap
sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian
untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment
for and
of learning)
|
2.
|
Penilaian
diri
|
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
sebagai
pembelajaran
(assessment
as
learning)
|
3.
|
Penilaian
antar teman
|
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
sebagai
pembelajaran
(assessment
as
learning)
|
c. Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Tes Tulis
|
Pilihan
ganda, benar salah, menjodohkan,
isian,
dan/atau
lainnya
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
untuk
pembelajaran
(assessment
for
learning)
dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
d. Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Proyek
|
Masalah sehari-hari
berkaitan dengan struktur teks cerpen, cirri kebahasaannya,
kerangka karangan, dan mengembangkan kerangka menjadi sebuah cerpen
|
Carilah kegiatan di
sekitar kalian yang berkaitan dengan struktur cerpen. |
Di luar PBM
selama satu minggu |
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning)
|
2. Pembelajaran
Remedial
Berdasarkan
hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan
belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.
bimbingan
perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b.
belajar
kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.
3.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar
diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal
PAS.
Sidodadi,
18 Juli 2018
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala
Sekolah
SUPRAYITNO,
M. PD. HERMANUDIN,
S. Pd.
NIP : 196507061993031011 NIP: 196910151992031006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar